Rabu, 07 September 2011

Advokasi Media dan kampanye Politik – 05September2011

Dalam pertemuan kedua perkuliahan kali ini, Pak Irwan Julianto akan menjelaskan peran media dalam kampanye Politik. Dalam perkuliahan inii, kami semua diberi sebuah tayangan film mengenai perjalanan seorang wartawan Amerika yang datang ke Indonesia dan sangat peduli dengan iklan iklan rokok. Beberapa tahun lalu sudah beredar video seorang anak kecil berusia 2tahun yang sudah menjadi pecandu rokok. Bahkan video tersebut sudah menyebar hingga luar negeri.




Sang wartawan Amerika merasa kasian dan sedih melihat nasib anak anak yang seharusnya menjadi penerus bangsa namun menjadi pecandu rokok kecil. Ia membandingkan Iklan iklan rokok yang ada di Amerika dan di Indonesia, namun hasilnya sangat mengecewakan. Karena di Amerika tidak ada sedikitpun iklan iklan rokok yang dipublish secara vulgar dan dengan mudah, bahkan rokok di Amerika dihargai $12 per pacs, sedangkan di Indonesia dihargai $1 per pacs dan dapat dijual secara ecer atau satuan ( perbandingan dilakukan dengan merk rokok yang sama, yaitu Marlboro ). Iklan iklan rokok di Amerika tidak terlalu banyak seperti di Indonesia yang selalu ada dimana mana. Bahkan acara music “ Lie in a Concert ‘ disponsori oleh supplier rokok. Bahkan sudah sangat jelas bahwa rokok hanya diperuntukkan untuk orang dewasa bukan untuk anak dibawah umur, di Amerika pembeli rokok sangat ketat, sedangkan di Indonesia pembeli rokok dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan rokok dapat dicari dan didapatkan dengan mudahnya.




Media dan Perunbahan Sosial
Di satu sisi media mendukung pendidikan kesehatan masyarakat, namun disisi lalin iklan juga memiliki pengaruh yang hebat terhadap gaya hidup masyarakat.  Media masa sebagai sarana promosi kesehatan yang efektif dimana harus memiliki komitmen pada perubahan sosial. Sekarang ini media dimanfaatkan dalam mutualisme konspiratif penguasa dan pengusaha.



Pemasaran Sosial
Pemasaran sosial merupakan model pendekatan sistematis menggunakan riset konsumen dan sejumlah saluran komunikasi untuk mempengaruhi dan mengubah perilaku penduduk secara spesifik. Ada pula 5 langkah pemasaran sosial untuk kesehatan ;
1.       Penilaian (Assess)
2.       Perencanaan (Plan)
3.       Pre-test materi edukasi (Pre-test)
4.       Penerapan Intervensi (Deliver)
5.       Pemantauan (Monitor)

Advokasi Media
Advokasi media merupakan penggunaan strategic media masa untuk meningkatkan inisiatif sosial dan masyarakat. Dengan menstimulus peliputan media secara luas untuk membentuk ulang debat public dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi kebijakan public yang efektif dalam masalah kesehatan masyarakat. Pada saat ini advokasi media tidak langsung berupaya mengubah perlikau yang beresiko individual.
Ada pula jenis advokasi lainnya selain advokasi media, yaitu advokasi litigasi, advokasilegislasi, advokasi masyarakat, seerta advokasi pemerintah. Dengan adanya advokasi sekarang para reporter memiliki nilai berita yang sangat berarti bagai para kalangan wartawan.

Kesimpulan
Berdasarkan film liputan yang dilakukan oleh wartawan Amerika tersebut sudah jelas bahwa media memiliki peran yang sangat penting dalam memberitakan atau mempromosikan suatu produk atau barang ke khalayak. Denagn menggunakan advokasi media yang menggunakan strategic media masa untuk meningkatkan inisiatif sosial dan masyarakat. Meskipun media memiliki 2 kepribadian yaitu  sisi pendidikan dan sisi bisnis semua kembali kepada para khalayak yang menilai dan yang menyaksikannya. Karena khalayak sendirilah yang mampu memutuskan mana yang baik dan mana yang tidak. Dan tentunya bagi para anak anak yang usia dibawah umur, membutuhkan pengawasan dari orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar